03/06/15

Resep Masakan Tradisional Sunda

Resep Masakan Sunda | Masakan khas sunda merupakan makanan sehari-hari masyarakat sunda.  Ada beberapa masakan khas sunda yang cukup populer di Indonesia, seperti sayur asem, aneka pepes, untuk cemilan ada combro, cimol, cilok, cireng. Kenapa sih makanan sunda sangat digemari oleh masyarakat ? ya jawabannya, karena sangat beragam pilihan, ada yang manis, ada yang asem, ada yang asin, serta ada yang pedas. Selain itu, bahan dasar dari masakan sunda juga cukup beragam, dibawah ini akan kami jelaskan.

Resep masakan sunda, masakan khas sunda, masakan asli jawa barat, ciri khas masakan sunda, bahan dasar masakan sunda

Bahan Dasar Masakan Sunda

Masyarakat sunda sangat kreatif memanfaatkan bahan apapun untuk dijadikan suatu masakan yang enak. Salah satu Masakan Khas Sunda yang dibuat dari bahan ikan, baik itu ikan air tawar atau ikan air laut. Untuk hidangan laut masyarakat sunda menggemari ikan laut yang sudah di asinkan, sering kalian sebut dengan ikan asin. Berbagai macam hidangan ikan laut yang telah diasinkan antara lain ikan peda, cumi-cumi, jambal, teri, ikan mujair dan ikan pari asin umum di temukan dalam hidangan masyarakat sunda sehari-hari. 

Untuk ikan air tawar masyarakat sering menggunakan ikan mas, ikan gurame, ikan nila, dan ikan lele. Untuk mengolah ikan air tawar atau ikan air laut bisa dimasak secara digoreng atau dibakar. Untuk penambah nikmat bisa disajikan dengan sambal atau kecap manis yang telah diberi potongan cabai dan bawang. 

Resep masakan sunda, masakan khas sunda, masakan asli jawa barat, ciri khas masakan sunda, bahan dasar masakan sunda

Daging ayam biasanya dimasak secara digoreng atau dipanggang, juga biasanya disajikan dengan sambal atau kecap manis dengan potongan cabe rawit dan bawang. Masakan khas sunda yang paling populer berbahan dasar daging hayam ialah Bakakak Ayam atau orang sunda menyebutnya Bakakak Hayam. Bakakak hayam merupakan ayam bakar khas sunda. Yang biasanya kita temui pada acara-acara besar, seperti diperkawinan adat sunda. Kadang kala daing ayam dapat diolah sebagai pepes atau sop. 

Daging merah seperti daging sapi, daing kambing, daging kerbau, dan daging domba dapat diberi campuran bumbu dan gula jawa, digoreng menjadiempal gepuk yang diberi taburan bawang goreng. Daging sapi dan kentang pada umumnya dimasak dalam bumbu kecap sebagai semur daging. Hati sapi dan jengkol juga sering dimasak semur. Olahan khas sunda selanjutnya itu Sate Maranggi yang berbahan utama dari daging kambing atau domba. Sate maranggi ini ditemani bumbu kacang serta dengan kecombrang. Gulai kambing dan empall gentong dari cirebon juga masakan khas sunda yang cukup populer sebagai sop daging.

Masyarakat sunda sangat menggemari olahan oncom. Oncom adalah makanan asal Indonesia yang  populer di tanah jawa barat. Oncom merupakan produk fermentasi yang dilakukkan oleh beberapa jneis kapang. Oncom merah terbuat dari bungkil tahu yaitu kedelai yang diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Oncom jarang sekali dimakan mentah. 

Oncom paling populer diolah dengan cara digoreng kering seperti tempe. Pengolahan oncom selanjutnya, oncom bisa menjadi campuran sambal yang sering disebut sambal oncom. Makanan yang populer berbahan dasar oncom yang menggunakan sambal oncom sebagai isiannya ialah combro "oncom di jero". Oncom juga menjadi bahan campuran dari masakan sunda khas bogor yaitu pada laksa. 

Ada cara memasakan yang populer di jawa barat yaitu Pais atau Pepes. Pais merupakan cara memasak dengan menggunakan daun pisang sebagai bahan pangan. Metode masakan ini sering kita temui dikehidupan masyarakat sunda. 

Resep masakan sunda, masakan khas sunda, masakan asli jawa barat, ciri khas masakan sunda, bahan dasar masakan sunda

Ada jenis pepes yang paling digemari oleh masyarakat sunda itu Pais Ikan Emas atau pepes ikan mas. Ada pun jenis pepes yang lain diantaranya Pais jamur, Pais tahu, Pais teri, Pais ayam dll. Olahan Pepes atau Pais ini juga menjadi menu hidangan utama di Rumah Makan Tradisional Sunda.

Bagaimana ? cukup beragam bukan bahan dasar untuk masakan sunda?. Intinya para orang tua sunda sejak dulu sangat kreatif, karena memanfaatkan bahan-bahan masakan yang ada. Sampai saat ini bisa kita ketahui Resep Masakan Sunda sehingga bisa kita rasakan begitu nikmatnya masakan khas sunda.

4 komentar:

  1. owwwh jadi itu loh bahan dasar masakan sunda, sederhana sekali yah. makasih ya artikelnya. thanks

    BalasHapus
  2. Mungkin oncom, bahan dasar paling khas di jawa barat. betul gak?

    thanks

    BalasHapus